Penelitian ini untyuk menganalisis rancangan bangun media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada elemen perencanaan dan pengalamatan jaringan fase F di SMK Negeri 6 Padang. Hasil penelitian berhasil merancang dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada materi Topologi Jaringan untuk siswa SMK Teknik Komputer dan Jaringan. Media ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution (dibatasi sampai tahap pengujian). Produk akhir berupa aplikasi .apk Android dapat dijalankan pada perangkat dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB, dan kamera belakang. Aplikasi ini menampilkan visualisasi objek 3D dari berbagai jenis topologi jaringan yang dipindai melalui marker, serta dilengkapi dengan materi pembelajaran, petunjuk penggunaan, dan kuis evaluasi. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, dengan hasil bahwa media masuk dalam kategori sangat layak dari segi isi, tampilan, dan interaktivitas. Penggunaan teknologi AR dalam media ini membantu siswa memahami konsep topologi jaringan secara visual dan interaktif, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Aplikasi ini juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga memberikan fleksibilitas dalam belajar.
Copyrights © 2025