Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah 10 Padang Pariaman serta evaluasi terhadap faktor-faktor yang menyebabkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah serta observasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama dalam pembelajaran PAI disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana pendidikan seperti buku bacaan dan media pembelajaran lainnya, yang berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa. Selain itu, minimnya variasi metode pengajaran guru menjadi faktor lain yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa. Pembelajaran yang lebih berorientasi kognitif menyebabkan siswa hanya memahami agama secara teoritis tanpa implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru menerapkan strategi pemberian motivasi dan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi serta memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025