Perkembangan sosioemosional merupakan aspek yang penting untuk distimulasi sejak anak usia dini. Meskipun demikian, belum banyak orang tua maupun kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang memahami cara mendampingi perkembangan sosioemosional anak melalui emotion coaching. Pengabdian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan emotion coaching kader BKB. Pelatihan terdiri dari empat sesi yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan membandingkan skor pengetahuan antara sebelum dan sesudah pelatihan. Subjek yang terlibat dalam pengabdian ini terdiri dari 28 orang anggota BKB Kepanewon Prambanan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu test, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis regresi bootstrapping, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pendampingan sosioemosional anak usia dini berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan kader terkait sosioemosional anak usia dini. Penelitian ini berimplikasi peningkatan pengetahuan kader mengenai cara-cara mendampingi perkembangan sosioemosional anak usia dini, serta membuka kesempatan bagi program-program peningkatan kapasitas Kader BKB yang lain, sehingga aspek perkembangan anak bisa dipahami secara umum, tidak hanya sekedar aspek kesehatan fisik saja.
Copyrights © 2025