Journal of Education Research
Vol. 6 No. 4 (2025): in Progress

Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD melalui Kegiatan Suban Gitik IKM di T Mutiara Bunda : Studi Banding dan Berbagi Praktik Baik Kurikulum Merdeka

Tatiana, Tatiana (Unknown)
Utoyo, Setiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kegiatan Suban Gitik IKM (Studi Banding dan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAUD. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi terhadap guru-guru yang mengikuti program di TK Mutiara Bunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan ruang reflektif dan kolaboratif bagi guru untuk memahami dan menerapkan prinsip Kurikulum Merdeka secara kontekstual. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi pedagogis, tetapi juga membangun budaya belajar kolektif di antara satuan PAUD. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pemanfaatan pendekatan komunitas belajar antar satuan pendidikan sebagai strategi pengembangan profesional berkelanjutan yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan replikasi model ini dengan dukungan kebijakan dan sistem pendampingan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...