Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SDN CEMENGBAKALAN 1

Munawaroh, Al Madinatul Munawaroh (Unknown)
Nurul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Pendidikan pancasila merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada disekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran ini mengutamakan kerjasama serta bersifat permainan dengan mencocokkan sebuah kartu. Model tersebut mampu membuat peserta didik senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental Design jenis One Grup Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas 1 di SDN Cemengbakalan 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes yang kemudian diuji dengan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang diolah menggunakan software SPSS IBM 25 , mendapatkan hasil bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari signifikansi (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas 1 di SDN Cemengbakalan 1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...