Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Build

INOVASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KOMPETENSI GURU : STUDI KASUS DI SDN KEJAMBON 2 TEGAL

Agustiana, Nina (Unknown)
Ellianawati (Unknown)
Barokah Isdaryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru. Namun, pendekatan supervisi yang bersifat formal dan kurang reflektif sering kali tidak memberikan dampak yang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, SDN Kejambon 2 melakukan berbagai inovasi dalam pelaksanaan supervisi pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi guru. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi supervisi pendidikan yang diterapkan di SDN Kejambon 2 serta dampaknya terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi digital, supervisi berbasis coaching dan refleksi, serta pelaksanaan lesson study mini mampu meningkatkan efektivitas supervisi. Inovasi-inovasi tersebut mendorong keterlibatan aktif guru, memperkuat budaya reflektif, dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa supervisi yang inovatif perlu diadopsi lebih luas sebagai strategi pembinaan profesional guru yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...