Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Proccess

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) BERBANTUAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD INPRES LANGKOWA KABUPATEN GOWA

Isnaeni (Unknown)
Cayati (Unknown)
Bellona Mardhatillah Sabillah (Unknown)
Baharuddin Hafid (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) berbantuan gambar seri siswa kelas III SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini bertempat di SD Inpres Langkowa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan jumlah keseluruhan yaitu 13 siswa, Adapun Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) aktivitas siswa siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata yang diperoleh adalah dengan kriteria 30,83 dengan kriteria baik. Pada siklus II dengan skor yang diperoleh sebanyak 31,75 dengan kriteria sangat baik; b) keterampilan membaca intensif siswa pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 68,25 dengan persentase ketuntasan yang dicapai adalah 38,46% dengan sebanyak 5 siswa sudah mencapai ketuntasan dan 8 siswa lainnya belum. Pada siklus II rata-rata yang diperoleh adalah 83,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,62% dengan sebanyak 11 siswa mencapai ketuntasan dan 2 siswa belum mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitiaan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi directed reading thingking activity (DRTA) berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...