Penguasaan kosakata Bahasa Inggris tidak serta merta hanya mengenal kosakata, namun siswa juga harus mampu untuk menuliskan, melafalkan, dan mengartikan. Pada kenyataan dilapangan, kemampuan Bahasa Inggris pada siswa masih belum optimal. Hal ini karena kurangnya penguasaan kosakata Bahasa Inggris serta proses belajar yang cenderung monoton sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Game Based Learning menggunakan media Quizwhizzzer untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris dibandingkan kelas yang menerapkan model tipe Picture and Picture. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment non-equivalent control group design, dengan pemerolehan data diambil dari soal pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh sebesar 21,5% dengan menerapkan model Game Based Learning berbantuan media Quizwhizzer terhadap kemampuan kosakata dan terdapat peningkatan yang lebih baik dibandingkan menggunakan model tipe Picture and Picture. Sehingga penerapan model Game Based Learning dengan memanfaatkan media Quizwhizzer dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa SD.
Copyrights © 2025