Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

Efektivitas Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN 1 Lemahabang

Bunga Hermalia (Unknown)
wahyuningsih, Asih (Unknown)
Prabawati Nurhabibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar terhadap siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen (quasi-experimental design) dengan rancangan non-aquivalent control group design. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang yang berjumlah 30 siswa.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebesar 55%, pada posttest terdapat peningkatan sebesar 72% . Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 1 Lemahabang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...