Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pendidkan Dasar Rare Pustaka

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN 1 SUMITA

Dewa Ayu Setiawati (Unknown)
I Putu Oka Suardana (Unknown)
I Nengah Sueca (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas rendah di SDN 1 Sumita. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner kepada kepala sekolah serta guru kelas I–III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi fonik merupakan strategi paling efektif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran membaca. Strategi ini membantu siswa mengenal huruf dan bunyi secara bertahap. Selain strategi fonik, guru juga menerapkan metode SAS, pendekatan bottom-up, membaca nyaring, serta permainan edukatif untuk meningkatkan minat dan kelancaran membaca siswa. Media pembelajaran seperti kartu kata bergambar dan buku cerita anak digunakan secara rutin. Guru melakukan evaluasi harian secara individual untuk memantau perkembangan membaca siswa dan memberikan pendampingan bagi yang masih kesulitan. Dukungan orang tua dan supervisi kepala sekolah juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan strategi pembelajaran membaca. Dengan berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, strategi pembelajaran yang diterapkan guru terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas rendah di SDN 1 Sumita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rarepustaka

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung ...