Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol. 5 No. 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2025

Pembelajaran Sitasi Mengunakan Zotero: Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Indonesia

Maulana, Diha (Unknown)
Nudin, Burhan (Unknown)
Mar’ah, Dina Sayyidatul (Unknown)
Rohman, Mizanur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran manajemen sitasi menggunakan aplikasi Zotero dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Indonesia dalam mengelola sitasi dan referensi karya ilmiah. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pemahaman mahasiswa, serta observasi terhadap proses pembelajaran yang melibatkan teori, praktik, dan pendampingan. Skor pretest menunjukkan bahwa 68,2% mahasiswa belum mengenal aplikasi Zotero dan 95,4% masih mengelola sitasi secara manual. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan signifikan yaitu hanya tersisa 4,6% mahasiswa yang masih tidak percaya diri dalam menyusun sitasi, 62% menyatakan bahwa Zotero membantu mereka menulis karya ilmiah secara lebih efisien. Hasil penelitian juga menunjukkan 95,4% mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menyusun sitasi dan daftar pustaka yang tepat, serta 62% mahasiswa melaporkan bahwa penggunaan Zotero membantu mereka dalam menyusun karya ilmiah secara lebih efisien dan terorganisasi setelah dilakukan pembelajaran. Meskipun demikian, penelitian ini menunjukkan adanya keterbatasan dalam durasi pelatihan yang dianggap tidak cukup oleh sebagian besar mahasiswa, yang menghambat pemahaman lebih mendalam dalam penggunaan Zotero. Saran pengembangan mencakup perpanjangan waktu sesi praktik dan pendalaman materi pelatihan untuk memastikan pemahaman yang lebih optimal. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi manajemen referensi seperti Zotero dapat meningkatkan literasi digital mahasiswa dan mendukung penulisan karya ilmiah yang efisien, terorganisasi, dan bebas plagiarisme, serta dapat diterapkan pada institusi pendidikan tinggi lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...