Nady al-Adab
Vol. 22 No. 2 (2025): Nady al-Adab

Model Kolaboratif Manajemen Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Indonesia: Integrasi Peran Guru, Teknologi, dan Kebijakan

Mulhakim, Imam (Unknown)
Ahmadi, Ahmadi (Unknown)
Malisi, M. Ali Sibram (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model kolaboratif dalam manajemen pengembangan kurikulum bahasa Arab di Indonesia melalui integrasi peran guru, teknologi, dan kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode literature review naratif, yaitu pendekatan kualitatif yang bertujuan menyintesis temuan-temuan dari berbagai sumber literatur secara deskriptif dan interpretatif. Literatur yang dianalisis berasal dari karya ilmiah nasional lima tahun terakhir yang relevan dengan pengembangan kurikulum, pendekatan TPACK, integrasi teknologi pembelajaran seperti e-learning, AI, AR, dan kebijakan Kurikulum Merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum bahasa Arab yang adaptif dan berkelanjutan memerlukan sinergi antara guru yang berkompeten secara pedagogis dan digital, teknologi yang inovatif dan aplikatif, serta kebijakan pendidikan yang mendukung secara sistemik. Model kolaboratif yang diusulkan menekankan pentingnya pelatihan guru, penyediaan infrastruktur digital, serta kebijakan pendidikan yang fleksibel dan responsif. Kontribusi penelitian ini bersifat teoritis—dalam memperkaya literatur tentang pendekatan multidimensi kurikulum bahasa Arab—dan praktis—dalam memberikan kerangka kerja bagi pemangku kebijakan, pendidik, dan institusi pendidikan untuk menyusun kurikulum bahasa Arab yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

naa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Officially Nady al-Adab: Jurnal Nady al-Adab has partnered with Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-'Arabiyyah (IMLA). In each upcoming issue, the manager of the Nadi al-Adab journal is committed to prioritizing articles that discuss language, literature, art and culture studies in an Arabic ...