Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan passing atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Karangasem, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan passing atas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas V sebagai peserta dan enam siswa kelas VI sebagai tutor sebaya. Perlakuan diberikan selama 12 kali pertemuan dalam pembelajaran PJOK. Tes yang di gunakan untuk mengukur kemampuan passing atas bolavoli pada siswa adalah AAHPER face-wall volley test. Data dikumpulkan melalui tes praktik sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian di analisis menggunakan Microsoft Excel. Analisis data mencakup perhitungan nilai rata-rata, gain score, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata meningkat dari 4,08 (pretest) menjadi 6,75 (posttest), dengan gain score rata-rata sebesar 2,67 poin dan persentase peningkatan sebesar 85%. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0,0246, yang menandakan bahwa pendekatan yang digunakan memberikan efek signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing atas siswa. Kesimpulannya adalah metode tutor sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli pada siswa di MI Ma’arif NU Karangasem.
Copyrights © 2025