Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah pada siswa MTs Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan pengurus madrasah, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran dan keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dilakukan melalui pembiasaan dalam kegiatan keagamaan seperti tahlilan, istighotsah, pembelajaran kitab kuning, dan praktik amaliah NU yang terintegrasi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak serta Fikih. Selain itu, keteladanan guru dalam sikap moderat, toleran, dan tawassuth turut memperkuat internalisasi nilai Aswaja pada diri siswa. Faktor pendukung penanaman nilai Aswaja meliputi peran aktif guru, dukungan lingkungan pesantren sekitar madrasah, dan program sekolah yang konsisten. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah latar belakang keluarga siswa yang beragam dalam pemahaman keagamaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai Aswaja An-Nahdliyah di MTs Hidayatul Mubtadiin berjalan efektif melalui integrasi kurikulum, keteladanan, dan pembiasaan, sehingga membentuk karakter religius yang moderat pada siswa.
Copyrights © 2024