Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa scrapbook pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan untuk mengetahui responden siswa kelas XI setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media scrapbook. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE meliputi lima tahap: tahap analysis, tahap design, tahap development , tahap implementation dan tahap evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 36 orang. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji ahli bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 93% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 90% dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran scrapbook berdasarkan respon peserta didik kelompok kecil mendapatkan 91,6% dengan kategori “sangat baik”, kelompok besar mendapatkan 93,3% dengan kategori “sangat baik”. Kemudian respon guru bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran scrapbook sebesar 90% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan media pembelajaran scrapbook berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest siswa sebesar 51%, sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 86%. Hasil N – gain mendapatkan skor 0,71% dengan kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook dapat menjadi alternatif inovatif yang efektif dalam meningkatkan kreativitas menulis cerpen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025