ABSTRAK Latar belakang:Literasi keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS) yang masih rendah berpotensi meningkatkan risiko kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak aman. Kebiasaan memilih jajanan sehat sejak dini dapat di bangun Edukasi interaktif, terutama pada siswa Sekolah Dasar. Tujuan : Mendapatkan Gambaran data dasar di lingkungan sekolah tentang variabel yang terkait kondisi literasi yang akan digunakan untuk mengembangkan rancangan edukasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS). Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan sampel siswa kelas 4, 5, dan 6 di SDN 03 Gondosari, Kudus, sebanyak 31 orang dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil : Sebanyak 74% responden memiliki pengetahuan kategori kurang baik dan 68% bersikap kurang mendukung akan kesadaran konsumsi PJAS yang aman. Kesimpulan: Diperlukan metode edukasi interaktif yang menarik untuk menumbuhkan antusias anak didik dalam menyerap materi edukasi, dan diperlukan keterlibatan orang tua dalam proses edukasi ini agar tujuan edukasi yang paling efektif bisa dicapai.
Copyrights © 2025