PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 2 (2025): April

KESANTUNAN BERBAHASA GURU SEBAGAI PELOPOR SISWA BERETIKA DI SMP IBNU SYINA CILEUNGSI, KABUPATEN BOGOR

Nurjanah (Unknown)
Syahfitri Purnama (Unknown)
Bambang Sumadyo (Unknown)
Tati Maryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Di era digital ini banyak para guru mengeluhkan dekadensi moral dari peserta didiknya, baik etika yang kurang sopan maupun bahasanya yang kurang santun juga. Fenomena ini membuat para guru resah terhadap kondisi siswanya. Usaha para guru untuk menjadi panutan siswanya sudah diterapkan, para guru bila berbicara kepada peserta didiknya dengan berbahasa yang santun dan lembut, namun hasil perubahan belum signifikan yang ditunjukan oleh siswanya. Berdasarkan permasalahan tersebut kami tim pelaksana pengabdian masyarakat memberikan sosialisasi kesantunan berbahasa kepada para guru SMP Ibnu Syina Cileungsi Kabupaten Bogor. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan strategi-strategi kesantuanan berbahasa agar para guru dapat menerapkan strategi tersebut kepada siswanya dengan harapan ada perubahan terhadap siswanya dalam beretika dan berbahasa. Metode pelaksanaan yaitu ceramah, kami memberikan materi-materi strategi kesantunan berbahasa teori Brown dan Levinson. Hasil dari evaluasi yang kami berikan kepada mitra berupa kuesioner yaitu indikator santun 90%, pujian 87%, simpati 84%, senyum 75% dan senda gurau 74%. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru merasa senang, antusias dan bertambah wawasannya mengenai strategi kesantunan berbahasa.

Copyrights © 2025