Peningkatan kualitas layanan pengelolaan lahan haji umrah menjadi salah satu fokus utama dalam rangka memperkuat pengalaman spiritual dan kenyamanan jamaah di tanah suci. Salah satu unsur kunci yang turut mendukung kualitas layanan tersebut adalah kinerja tour leader yang berperan sebagai penghubung utama antara jamaah dengan berbagai pihak penyelenggara di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja Tour Leader dalam peningkatan kualitas layanan tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis data dari pengalaman empiris serta wawancara mendalam, penelitian ini mengkaji bagaimana kinerja Tour Leader pada sektor layanan umrah mampu meningkatkan kualitas operasional layanan pengelolaan lahan haji di Arab Saudi. Temuan dalam penelitian ini menegaskan bahwa kinerja Tour Leader tercermin melalui empat dimensi utama, yaitu Kompetensi Profesional, Keterampilan Interpersonal dan Organisasi, Empati, dan Pemecahan Masalah. Integrasi kinerja Tour Leader memiliki peran sentral dalam membentuk landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas layanan pengelolaan lahan haji umrah. Maka dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengelolaan lahan ibadah umrah di tanah suci, kinerja Tour Leader dituntut tidak hanya menguasai aspek teknis saja, tetapi juga memiliki kemampuan interpersonal dan empati yang kuat, serta keterampilan dalam memecahkan masalah secara cepat dan tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025