Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi metakognitif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan model one group pre-test post-test. Subjek terdiri dari 28 siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Nganjuk. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket persepsi siswa terhadap strategi metakognitif. Materi yang digunakan dalam tes adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam bentuk soal kontekstual. Pembelajaran dilakukan setelah pre-test dan mencakup tahapan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi yang dirancang untuk mendorong kesadaran siswa terhadap proses berpikir mereka. Hasil uji-t menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor post-test (t = -7,287; sig. < 0,05), yang menandakan bahwa strategi metakognitif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu, lebih dari 85% siswa memberikan respons positif terhadap strategi ini, menyatakan bahwa pembelajaran membantu mereka lebih fokus, memahami soal lebih baik, dan lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal matematika. Kesimpulannya, strategi metakognitif terbukti efektif terutama dalam meningkatkan aspek pemahaman masalah, pemilihan strategi, dan ketepatan perhitungan.
Copyrights © 2025