Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum berbasis growth mindset dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa di SMP IT Al Azhar 23 Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi.Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru mata pelajaran, guru BK, wali kelas, siswa, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi meliputi penguatan visi dan misi sekolah, pelatihan guru, pengembangan metode pembelajaran yang menekankan proses belajar, serta evaluasi yang berorientasi pada perkembangan siswa. Lingkungan belajar yang suportif dan kolaboratif berperan penting dalam membangun kepercayaan diri dan ketangguhan siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman sebagian guru dan orang tua, serta resistensi awal siswa terhadap perubahan mindset. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah mengembangkan program pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi aktif dengan orang tua. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis growth mindset efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa dan dapat menjadi model pengembangan kurikulum di sekolah lain.Rekomendasi bagi pengembangan kurikulum ke depan meliputi penguatan pelatihan guru, peningkatan keterlibatan orang tua, serta pengembangan evaluasi berbasis proses.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025