Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Putra Pakuan guna mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) dan kajian kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan dilakukan secara sistematis melalui rapat koordinasi internal, identifikasi kebutuhan prioritas seperti pembangunan masjid baru, pemeliharaan rutin, penghapusan barang usang, serta inventarisasi dan pelaporan. Perencanaan ini disusun berdasarkan visi dan misi sekolah yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sekolah. Ditemukan bahwa keberhasilan pengelolaan sarana dan prasarana sangat bergantung pada kejelasan perencanaan, kecukupan pendanaan, serta kolaborasi antar pihak sekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025