Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 11 No. 1 (2025): Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Analisis Dampak Penerapan Model Project Based Learning di Perguruan Tinggi

Utami, Mutiara Widya (Unknown)
Dika Zakiyah (Unknown)
Nur, Wahyuni Shofinna (Unknown)
Ajat Manjato (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif dampak penerapan model Project Based Learning (PjBl) di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis library research untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran Google Scholar tahun 2020-2025 dengan kata kunci PjBL ditemukan lebih dari 500 artikel, disaring berdasarkan kriteria inklusi sehingga diperoleh 25 artikel yang digunakan sebagai studi primer yang akan dianalisis berdasarkan kemampuan yang ditingkatkan dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan memberikan deskripsi dampak model Project Based Learning di perguruan tinggi melalui telaah mendalam untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar, kreatifitas, kemampuan berfikir tingkat tinggi, motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa meningkat secara kualitatif dengan penggunaan metode Project Based Learning, sehingga penerapan model Project Based Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan relevan diterapkan di perguruan tinggi untuk mendukung capaian belajar yang holistik. Kata kunci: dampak penerapan, Project Based Learning, perguruan tinggi

Copyrights © 2025