Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025

Pengembangan Instrumen Elektronik Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengukur Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Siswa SMA: Analisis Kebutuhan

Annisa, Nurul (Unknown)
emiliannur, emiliannur (Unknown)
winarno, nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang unggul dan siap menghadapi tantangan global. Salah satu komponen utama yang harus diperhatikan dalam pendidikan adalah pengembangan keterampilan literasi, yang mencakup literasi membaca dan numerasi untuk memenuhi tuntutan Abad 21. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen literasi membaca dan numerasi berbasis AKM dengan bantuan aplikasi Quizizz untuk mengukur literasi membaca dan numerasi siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN 5 Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model 4D, meliputi survei, wawancara, kuesioner, dan tes kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa kesulitan dalam memahami teks, menerjemahkan soal numerik, dan menyelesaikan soal kontekstual. Guru juga kesulitan dalam menyusun soal AKM untuk fisika. Penggunaan Quizizz membantu memberikan pengalaman belajar interaktif, dan umpan balik langsung. Sehingga dapat disimpulkan, instrumen berbasis AKM dengan Quizizz dapat mengukur literasi membaca dan numerasi siswa secara efektif dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...