Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terkandung dalam cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”, relevansi nilai Profil Pelajar Pancasila dalam cerpen dengan pendidikan karakter, dan merumuskan strategi implementasi melalui cerpen untuk pendidikan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan metode content analysis yaitu membaca dan mengidentifikasi kalimat atau frasa dalam cerpen yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan ungkapan yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila.  Sumber datanya adalah cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah” karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh surat kabar harian Kompas dan dokumen pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling fokus pada pencarian data nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terdapat dalam cerpen. Teknik pengumpulan data dengan teknik baca analitik dan teknik catat. Validitas data dengan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis datanya adalah teknik dialektik, teknik hermeneotik, dan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah”: 1) Mengandung nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dimensi  :beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri 6 data, bergotong-royong 12 data, berkebinekaan global 5 data, bernalar kritis 15 data, dan kreatif 11 data  2) Cerpen ini menunjukkan relevansi dengan bahan ajar sastra di SMP yaitu terletak pada karakter tokoh dalam cerpen sesuai Profil Pelajar Pancasila yang memiliki potensi sebagai bahan ajar yang relevan untuk pembentukan pendidikan karakter siswa 3) strategi implementasinya dapat dirumuskan sebagai berikut: pemahaman isi dan analisis nilai karakter; diskusi reflektif dan konektivitas dengan kehidupan nyata; kegiatan kreatif dan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025