Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan inovasi pembelajaran nilai antikorupsi melalui cerita interaktif berjudul “Belajar Jujur” pada anak usia dini. Kegiatan ini dirancang untuk menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan dengan pendekatan yang menyenangkan dan sesuai perkembangan anak, yaitu melalui dongeng, diskusi ringan, dan permainan simbolik. Penelitian dilakukan di TK Islam Annur Bastari, dengan subjek lima orang anak usia 5 tahun yang dipilih secara purposive dari kelas B yang berjumlah 15 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, dokumentasi, dan catatan reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan cerita interaktif mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap perilaku baik dan buruk, terutama dalam konteks kejujuran saat mengerjakan tugas. Data observasi juga menunjukkan bahwa anak-anak terlibat aktif dalam diskusi dan mampu merespons pernyataan guru dengan jawaban yang tepat secara moral. Anak-anak menunjukkan pemahaman yang berkembang melalui simbol, ekspresi verbal, dan tanggapan reflektif. Selain itu, kegiatan ini juga membantu mengembangkan aspek sosial dan emosional anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis cerita interaktif efektif sebagai media penanaman nilai antikorupsi sejak dini dan layak untuk diterapkan secara berkelanjutan di lingkungan PAUD.
Copyrights © 2025