Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Soleha, Anisa Putri (Unknown)
Wiwinda, Wiwinda (Unknown)
Jelita, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan modul ajar Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran angket kepada 40 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap modul ajar, yang dinilai membantu dalam memahami materi secara lebih mudah, menarik, dan sistematis. Modul ajar yang dirancang dengan pendekatan student-centered learning terbukti meningkatkan pemahaman siswa dalam aspek keimanan, akhlak, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Selain itu, ditemukan adanya korelasi kuat antara efektivitas modul dan pemahaman siswa. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti kesiapan guru, keterbatasan akses teknologi, dan minat belajar yang bervariasi. Secara keseluruhan, penggunaan modul ajar Kurikulum Merdeka relevan dengan pencapaian tujuan pendidikan nasional, khususnya dalam membentuk karakter siswa yang religius, mandiri, dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...