Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PEMAS)
Vol. 2 No. 2 (2025): Mei 2025

Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI dan Canva bagi Siswa SMK di Klaten untuk Meningkatkan Kompetensi Promosi Produk

Fanani, Galih (Unknown)
Rifaldi, Dianda (Unknown)
Tristanti, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menguasai keterampilan digital marketing yang relevan dengan kebutuhan industri. Observasi awal di SMK Negeri 1 Trucuk, Klaten, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memahami strategi promosi berbasis teknologi, khususnya pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan Canva. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi promosi produk melalui pelatihan digital marketing berbasis AI dan Canva. Penelitian menggunakan metode experiential learning dengan tahapan pretest, materi, praktik pembuatan desain dan copywriting, diskusi kelompok, serta evaluasi posttest. Sebanyak 20 peserta (siswa SMK) yang aktif dalam kewirausahaan sekolah terlibat sebagai peserta. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata skor posttest meningkat 45% dibandingkan pretest. Peserta mampu menghasilkan konten promosi lebih kreatif, komunikatif, dan sesuai target pasar, serta memahami integrasi teknologi digital dalam strategi pemasaran. Pelatihan ini efektif sebagai model pengembangan literasi digital dan keterampilan promosi produk bagi siswa SMK di era industri 4.0.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pemas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PEMAS) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup berbagai disiplin ilmu yang relevan. Ruang lingkup dan fokus Jurnal Pengabdian ...