Perkembangan teknologi digital menuntut siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menguasai keterampilan digital marketing yang relevan dengan kebutuhan industri. Observasi awal di SMK Negeri 1 Trucuk, Klaten, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memahami strategi promosi berbasis teknologi, khususnya pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan Canva. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi promosi produk melalui pelatihan digital marketing berbasis AI dan Canva. Penelitian menggunakan metode experiential learning dengan tahapan pretest, materi, praktik pembuatan desain dan copywriting, diskusi kelompok, serta evaluasi posttest. Sebanyak 20 peserta (siswa SMK) yang aktif dalam kewirausahaan sekolah terlibat sebagai peserta. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata skor posttest meningkat 45% dibandingkan pretest. Peserta mampu menghasilkan konten promosi lebih kreatif, komunikatif, dan sesuai target pasar, serta memahami integrasi teknologi digital dalam strategi pemasaran. Pelatihan ini efektif sebagai model pengembangan literasi digital dan keterampilan promosi produk bagi siswa SMK di era industri 4.0.
Copyrights © 2025