Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 8.C (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Efektivitas Penerapan Teknik Dictoglos Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Kelas Vii Smp Negeri 3 Kota Serang

Az Zahrah, Fatimah (Unknown)
Ediwarman, H. (Unknown)
Senjaya, Arip (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Keterampilan berbahasa menulis dianggap sulit karena memerlukan kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Hal ini dipengaruhi teknik pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Teknik Dictoglos diusulkan sebagai metode pembelajaran yang melibatkan pendengaran teks berita, pencatatan, dan rekonstruksi bersama oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan teknik Dictoglos serta efektivitas teknik tersebut pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Serang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang dan sampel yang digunakan adalah kelas VII F dan VII J yang ditetapkan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas, dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan menulis teks berita antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik Dictoglos dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik tersebut. Hasil analisis membuktikan bahwa teknik Dictoglos lebih efektif, dibuktikan melalui uji-t sampel berpasangan antara skor pretest dan posttest kelompok eksperimen, menghasilkan t-hitung sebesar -28,029 (atau nilai absolut 28,029) dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks berita setelah menggunakan teknik Dictoglos.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...