Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor ragam bahasa di TikTok Live dalam percakapan pedagang dan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik penyidik. Teknik analisis data melalui pilah unsur penentu (PUP) dan teknik kontekstual sebagai teknik lanjutan. Data dianalisis sesuai dengan konteksnya dengan menggunakan komponen tutur SPEAKING. Hasil dari penelitian ini terdapat 32 bentuk ragam bahasa yang terjadi di TikTok Live yaitu (1) bentuk kata akronim sebanyak 15 data dan (2) bentuk kata pengulangan sebanyak 17 data. Faktor-faktor yang mempengaruhi ragam bahasa dalam penelitian ini adalah faktor waktu, faktor tempat, faktor sosiokultural, faktor situasi, faktor medium pengungkapan, dan faktor usia dan gender.
Copyrights © 2025