Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Project Based Learning dan Media Pembelajaran Loose parts terhadap Kreativitas Anak di Kelompok Bermain Ar-Rahman. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen pretest-postest, nonequivalent multiple group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Kelompok Bermain Ar-Rahman. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 30 orang peserta didik di Kelompok Bermain Ar-Rahman. Hasil metode project based learning terhadap kreativitas anak diperoleh nilai Thitung = 4,981 dan Ttabel = 1,753 dengan taraf Sig. 0,05 memiliki pengaruh positif. Hasil media pembelajaran loose parts terhadap kreativitas anak diperoleh nilai Thitung = 4,981 dan Ttabel = 1, 753 dengan taraf Sig. 0,05 memiliki pengaruh positif. Dari hasil analisis yang dilakukan metode project based learning dan media pembelajaran loose part diperoleh nilai Thitung = 4,981 dan Ttabel = 1,697 dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Dengan demikian Ho ditolak Hi diterima.
Copyrights © 2025