Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 14 No 2 (2022): Juli 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Memecahkan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV SDN Kepunten

Kamaliyah, Siti Taqwimul (Unknown)
Rahmawati, Ery (Unknown)
Dewi, Galuh Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistics mathematics education terhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa kelas IV SDN Kepunten. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design tipe Posstest-onlycontrol Design. Sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa kelas IV SDN Kepunten. Hasil dari penelitian ini diperoleh thtiung(-13,847) ≥ ttabel (-0,525) yang berarti ada kontribusi penerapan model pembelajaran realistics mathematics education terhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Sedangkan aktifitas siswa tergolong aktif dengan perolehan prosentase sebesar 70%. Penggunaan model pembelajaran realistics mathematics education terhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa IV SDN Kepunten sangat berpengaruh baik, serta aktivitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran tersebut mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...