Indonesian Journal of Educational Counseling
Vol 9 No 2 (2025)

Efektifitas Teknik Reframing dalam Mereduksi Loneliness (Kesepian) Pada Siswa SMPN 1 Dasuk

Norfatila, Dewi (Unknown)
Yuliana, Anis Tri (Unknown)
Rusmiyati, Rusmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Loneliness (kesepian) adalah kondisi psikologis di mana individu merasa tidak memiliki kedekatan emosional dengan orang lain, meskipun tidak selalu dalam keadaan sendiri secara fisik. Fokus tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan efektivitas teknik reframing untuk mereduksi lonelines (kesepian) pada siswa SMPN 1 Dasuk. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen melalui one group pretest-posttest design. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata pretest sebesar 112,7 kemudian setelah dilaksanakan konseling kelompok dengan teknik reframing didapatkan rata-rata posttest sebesar 76,3. Nilai signifikansi (2-tailed) yang dihasilkan melalui uji t yaitu 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ada perubahan kondisi loneliness (kesepian) sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan, artinya teknik reframing efektif digunakan dalam mereduksi loneliness (kesepian) pada siswa SMPN 1 Dasuk.

Copyrights © 2025