Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 7 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2025

Pengaruh Media Edukasi Permainan Beregu “Halte Bus Sampah” dan “Estafet Sampah” serta Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pemilahan Sampah Siswa SD Negeri 4 Wates

Hidayah, Muha Shufa (Unknown)
Istiqomah, Siti Hani (Unknown)
Suyanto, Adib (Unknown)
Ganefati, Sri Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional pada tahun 2023 timbunan sampah sebanyak 23,7 ton per tahun dengan penanganan sampah yang dapat dilakukan sebesar 50,84% atau sebesar 2 ton per tahun. Kepedulian masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah masih rendah. Oleh karena itu, edukasi pemilahan sampah sejak dini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media mana yang paling berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku pemilahan sampah pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan Pre test and Post test Group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2025. Populasi studi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri 4 Wates. Sampel dengan jumlah 90 siswa. Analisis data menggunakan Uji Friedman. Hasil penelitain menunjukkan adanya pengaruh ketiga media edukasi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku. Pada pengetahuan dan perilaku dari ketiga media didapatkan nilai Asymp,Sig.,000 sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari ketiga kelompok. Pada sikap didapatkan nilai Asymp,Sig. ,128 sehingga diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari ketiga kelompok. Dari hasil analisis data diketahui media paling berpengaruh adalah permainan “Halte Bus Sampah” dengan nilai gain score mean rank tertinggi yaitu, 2,28 pada pengetahuan, 0,95 pada sikap, dan 2,3 pada perilaku. Media permainan beregu “Halte Bus Sampah” dan “Estafet Sampah” serta ceramah berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku pemilahan sampah siswa SD Negeri 4 Wates. Dan media yang paling berpengaruh adalah permainan beregu “Halte Bus Sampah”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...