Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B TK Al Azhar Kota Sorong

Nasrawati, Nasrawati (Unknown)
Marjuk, Yolan (Unknown)
Wathani, Septia Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengurutkan pola melalui media bahan alam pada anak kelompok B TK AL AZHAR Kota Sorong. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK AL AZHAR Kota Sorong yang berjuml 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persentase pada pra tndakan 37,5% dan meningkat pada siklus I pertemuan pertama 62,% meningkat lagi pada siklus I pertemuan ke dua menjadi 75% mengenal pola sesuai dengan indikator, mulai meningkat kembali pada siklus II pertemuan pertama menjadi 81,25%, kemudian meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 93,75% sehingga mencapai target keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 80% anak berada pada tingkat kemampuan berkembang sesuai harapan. Kesimpulan dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...