Penelitian ini menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku tematik siswa kelas VI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa meskipun kurikulum menekankan pengembangan karakter, implementasinya dalam buku ajar masih belum optimal, terutama dalam aspek konten, soal, dan tugas proyek. Tujuan utama penelitian ini adalah mengeksplorasi kandungan dan persentase kemunculan nilai-nilai karakter pada buku tematik semester ganjil dan genap. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi dokumen, data dikumpulkan dari buku tematik siswa kelas VI. Teknik analisis konten Krippendorff diterapkan untuk penentuan satuan, sampel, perekaman, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17 dari 18 nilai karakter teridentifikasi. Karakter kreatif (488 kali), bersahabat/komunikatif (313 kali), dan gemar membaca (277 kali) paling dominan. Namun, karakter religius (5 kali), jujur (2 kali), mandiri (18 kali), menghargai prestasi (4 kali), cinta damai (12 kali), dan peduli lingkungan (47 kali) muncul sangat rendah, sementara peduli sosial tidak ditemukan. Kesimpulannya, buku tematik telah mengintegrasikan sebagian besar nilai karakter, namun frekuensi kemunculan yang rendah pada beberapa karakter menunjukkan perlunya peran guru yang lebih kreatif dalam pengembangannya.
Copyrights © 2025