Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 9 (2025)

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS di Kelas 3 SD

Una, Yosefania (Unknown)
Wau, Maria Patrisia (Unknown)
Qondias, Dimas (Unknown)
Noge, Maria Desidaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media audiovisual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas 3 SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD, sedangkan objek penelitiannya adalah peningkatan minat dan hasil belajar IPAS melalui pembelajaran berbasis masalah yang didukung media audio visual. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur minat dan tes untuk mengukur hasil belajar IPAS. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media audiovisual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket minat belajar yang pada siklus 1 berada pada kategori rendah dan pada siklus 2 meningkat ke kategori tinggi. Berdasarkan data angket minat belajar dapat dijelaskan bahwa 35% siswa memiliki minat sedang, 17%. Berdasarkan persentase minat belajar dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 siswa memiliki minat rendah. Berdasarkan persentase minat belajar dapat disimpulkan bahwa pada siklus 2 siswa memiliki minat tinggi. Sementara itu, hasil belajar IPA pada siklus 1 menunjukkan skor rata-rata 64. Sedangkan hasil analisis pada siklus 2 menunjukkan skor rata-rata 84. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar IPA dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20%, dan peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL yang didukung media audio visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas 3 SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...