Early Childhood Research and Practice
Vol 6 No 1 (2025): Early Child Research and Practice, Juli

Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di Paud Al- Annisa Kota Bengkulu

Adeansi, Niken (Unknown)
Haryono, Mimpira (Unknown)
Margaretha, Lydia (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan berpikir kritis pada anak dengan metode eksperimen di PAUD Al-Annisa Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Al-Annisa yang berjumlah 13 orang anak. Penelitian dilaksanakan Tiga siklus. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan perkembangan berpikir kritis pada anak dengan metode eksperimen di PAUD Al-Annisa Kota Bengkulu pada siklus I dengan presentase 37,5%, di siklus ke II dengan presentase 50%, dan siklus ke III dengan presentase 82,21%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan perkembangan berpikir kritis pada anak di PAUD Al-Annisa Kota Bengkulu, terbukti pada siklus ke III terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 82,21% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecrp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Early Childhood Research and Practice - ECRP a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. ECRP scoped in Early Child ...