Journal Of Building Architecture
Vol. 3 No. 1 (2025): JOURNAL OF BUILDING ARCHITECTURE (APRIL)

PENERAPAN ARSITEKTUR BIOFILIK PADA LAB SCHOOL (TK, SD, SMP) UNG

Herlambang, Anggitha Savitri (Unknown)
saman, satar (Unknown)
Trumansyahjaya, Kalih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) merupakan perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan Program Sarjana Pendidikan (PSP) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) guna memenuhi kebutuhan pendidik yang berkompeten di Indonesia. Salah satu upaya menghasilkan calon guru yang berkualitas dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan adanya Labschool yang berfungsi sebagai sekolah sekaligus tempat latihan praktik mengajar dan inovasi kependidikan lainnya untuk mahasiswa pendidikan. Labschool sangat penting dalam mendukung LPTK karena tanpa Labschool, LPTK akan sulit meningkatkan keterampilan mengajar dari para calon guru dan menguji cobakan hasil-hasil penelitian. Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai salah satu LPTK yang terintegrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab menghasilkan lulusan calon guru yang berkualitas. Upaya tersebut sudah dilakukan salah satunya dengan adanya Labschool yang menunjang program PPG, yaitu TK Dumhil UNG dan Sekolah Dasar Laboratorium UNG. Tujuan dari perancangan ini yaitu bagaimana membuat kawasan pendidikan binaan UNG dengan fasilitas yang lengkap dan layak serta untuk mendukung program pemerintah pendidikan 9 tahun, mulai dari pendidikan usia dini (TK) dan pendidikan dasar (SD dan SMP). Metode penelitian menggunakan dua cara utama pengumpulan data, yakni data primer dengan melakukan survey lokasi dan wawancara dengan pihak terkait judul tugas akhir. Pendekatan perancangan yang digunakan adalah arsitektur biofilik karena manfaat integrasi desain biofilik pada bangunan sekolah dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan mental, kesehatan fisik, dan fungsi otak. Kata kunci: Perancangan, Labschool, Arsitektur Biofilik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijba

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Journal Of Building Architecture (JBA) is a peer-reviewed journal published twice a year ( April and October) by the Vocational Program of the State University of Gorontalo. The Vocational Journal of Science and Technology provides direct open access to its content. The aim of this journal is to ...