INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Vol 6, No 1 (2025): INTAN CENDEKIA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

Memperkuat Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi di SDN 1 Geger Sendang Tulungagung

Nafi'an, Muhammad Ilman (Unknown)
Akhyar, Muhammad Khoiril (Unknown)
Qoriatus, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Abstrak.Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 1 Geger melalui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dengan memanfaatkan teknologi Edpuzzle dan Quizizz. Kegiatan ini meliputi pelatihan bagi guru, seminar, praktik langsung di kelas, serta evaluasi. Pelatihan difokuskan pada pemahaman konsep pembelajaran berdiferensiasi, identifikasi kebutuhan belajar siswa, dan pemanfaatan Edpuzzle dan Quizizz. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan merasa puas dan mengalami peningkatan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas juga menunjukkan hasil yang positif, yaitu peningkatan partisipasi dan motivasi siswa. Selain itu, guru melaporkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan sangat penting untuk memastikan keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Intan_Cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Intan Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Intan Cendekia bekerjasama dengan Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) NTB. Jurnal ini mempunyai komitmen untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai ...