Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 3 No. 2 (2025)

Efektivitas Metode Permainan Bisik Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Yusrika, Yusrika (Unknown)
Ramadan, Syahru (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimental Design, khususnya  Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas III MI Darul Hikmah Kabupaten Bone, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (Kelas III B) dan kelas kontrol (Kelas III A), masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji hipotesis) dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan bisik berantai efektif terhadap keterampilan menyimak siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test sebesar 0,001 (sig < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode permainan bisik berantai efektif terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III Madrasah Ibtidiayah, khususnya di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...