Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode bermain peran dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran PKN di SDN 18 Bajoe, Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 18 Bajoe yang berjumlah 42 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kusioner). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial melalui program SPSS Versi 27. Hasil penelitian ini yaitu metode bermain peran efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran PKN di SD Negeri 18 Bajoe, Kabupaten Bone. Hasil itu didasarkan pada uji Paired Sample T-test dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil dari ???? yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), dan diperoleh t-hitung=10.360>t-tabel=2.086 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan metode bermain peran efektif terhadap kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran PKN di SDN 18 Bajoe, Kabupaten Bone.
Copyrights © 2025