KOMET
Vol 2 No 1 (2025): Jurnal Komet: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi : Volume 2 Nomor 1, Juni 2

Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan Produk UMKM Souvernir Bali

Kherismawati, Ni Putu Eka (Unknown)
Wiguna, I Komang Arya Ganda (Unknown)
Mahardika , Dewa Gede Candra (Unknown)
Sudipa, I Gede Iwan (Unknown)
Noris, I Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam menggunakan Instagram sebagai sarana promosi melalui pelatihan dan pendampingan yang terstruktur. Metode yang digunakan adalah transfer knowledge melalui pelatihan teknis, pengelolaan akun bisnis, pembuatan konten visual, dan pemanfaatan fitur Instagram Insights, Stories, serta Instagram Shopping. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas konten yang diunggah, pengelolaan akun Instagram yang lebih profesional, serta peningkatan interaksi dan jumlah pengikut. Pelatihan juga menghasilkan peningkatan kompetensi karyawan dalam memproduksi dan mengelola konten digital secara mandiri. Dampak kegiatan ini terlihat dari peningkatan visibilitas akun, keterlibatan pelanggan baru, serta peningkatan brand awareness UMKM Souvenir Bali. Pendekatan digital ini diharapkan menjadi solusi berkelanjutan dalam meningkatkan daya saing dan perluasan pasar produk kerajinan lokal Bali melalui media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komet

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi memiliki fokus dan ruang lingkup yang tidak terbatas pada : Fokus: Teknologi Informasi dan Komunikasi Penggunaan teknologi informasi dalam pemberdayaan masyarakat. Aplikasi perangkat lunak untuk pendidikan dan pelatihan masyarakat. Sistem ...