Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

PENGUATAN REGULASI DIRI BAGI SISWA UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN AKADEMIK

Handayani, Ani (Unknown)
Tiatri, Sri (Unknown)
Tji Beng, Jap (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Siswa remaja kerap mengalami tantangan akademik seperti stress akademik yang dapat berdampak pada fokus belajar, motivasi, serta pencapaian akademik mereka. Selain itu, mereka juga kerap menghadapi tekanan dari orang tua, persaingan dari teman sebaya serta ketidakmampuan mengelola waktu secara efektif. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi tantangan akademik adalah dengan mengembangkan kemampuan regulasi diri. Regulasi diri menjadi pondasi yang penting dalam membantu siswa dalam mengelola tekanan akademik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa SMP kelas 2 di salah satu sekolah swasta di Tangerang, ditemukan bahwa pemahaman siswa mengenai regulasi diri masih perlu ditingkatkan. Kurangnya pengetahuan regulasi diri menjadi tantangan yang perlu segera diberikan intervensi. Sebagai respons terhadap permasalahan tersebut, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini disusun. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap regulasi diri sekaligus membekali mereka dengan keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran sehari-hari. Intervensi dirancang dalam bentuk kegiatan interaktif yang melibatkan diskusi, simulasi nyata, serta refleksi personal. Efektivitas kegiatan ini dievaluasi melalui pre- dan post-assessment untuk melihat peningkatan pemahaman siswa melalui media quizizz. Hasil perbandingan skor sebelum dan sesudah mengikuti pembekalan terdapat peningkatan skor total pada siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembekalan ini mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang regulasi diri. Kata kunci: regulasi diri, stress akademik, siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

baktimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh ...