JEMIL
Vol. 4 No. 2: August 2025

Efektifitas Penerapan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Siswa Kelas XI H MAN 2 Kota Palu : The Effectiveness of Implementing Cooperative Learning to Improve the Learning Outcomes of Aqidah Akhlak in Class XI H Students of MAN 2 Palu City

Minarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI H MAN 2 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dengan melibatkan 10 siswa. Waktu Peneltian ini dilaksanakan pada 7 Maret sampai dengan 26 Maret 2025, di semester 2 tahun pelajaran 2024/2025 selama 4 Bulan. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian konversikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui apakah hasil belajar akidah akhlak siswa dapat diketahui bagaimana peningkatannya. Hasil penelitian penerapan Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar kelas XI H MAN 2 Kota Palu, pada pelajaran hasil belajar akidah akhlak pra siklus 57,92 dengan 7 dari 36 siswa yang tuntas meningkat pada siklus I menjadi 68,06 dengan 19 siswa yang tuntas, selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,11 dengan 32 siswa yang tuntas dari 36 siswa dikelas XI H MAN 2 Kota Palu. Sedangkan persentase ketuntasan juga meningkat dari pra siklus 19,44% dari 36 siswa, meningkat pada siklus I menjadi 52,78% dari 36 siswa, pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,89% dari 36 siswa. Dari data penelitian yang didapatkan disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning telah efektif dan berhasil meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas XI H MAN 2 Kota Palu sehingga layak untuk diterapkan di MAN 2 Kota Palu

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEMIL

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) (ISSN: 2961-9491) is a peer-reviewed scholarly journal published periodically, aiming to serve as a platform for the publication of research findings and conceptual studies in the fields of educational management and Islamic ...