Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 No. 3 Tahun 2025

UJI FORMULASI SEDIAAN LIP BALM DARI EKSTRAK BUNGA ROSELLA UNGU (HIBISCUS SABDARIFFA L.)

Alfitroh , Ijazati (Unknown)
Dewi, Betna (Unknown)
Yanuarto, Tri (Unknown)
Rahmadani, Nurbayu Rezky (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Lip Balm merupakan salah satu sediaan kosmetik yang dioleskan pada bibir untuk mencegah dan memperbaiki bibir yang kering dan pecah-pecah akibat perlindungan bibir yang buruk dan pengaruh lingkungan luar. Untuk melindungi bibir dibutuhkan antioksidan, tanaman yang digunakan bunga rosella ungu (Hibiscus sabdariffa L.). Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah variasi konsentrasi ekstrak dapat mempengaruhi sifat fisik lip balm. Uji hedonik formulasi lip balm dengan 4 formulasi yang berbeda yaitu F0, F1, F2 dan F3 dengan konsentrasi ekstrak yang berbeda-beda yaitu 0%, 1,5%, 3%, dan 4,5% dengan bahan tambahan Propilenglikol, Gliserin, Cera Flava, nipagin, Nipasol, Lanolin, Oleum Rosae dan Oleum Cacao. Uji sifat fisik lip balm yang dilakukan berupa uji organoleptis, homogenitas, pH dan hedonik. Hasil dari uji evaluasi bahwa ekstrak bunga rosella ungu (Hibiscus sabdariffa L.) dapat mempengaruhi sifat fisik berupa uji oragnoleptis sediaan teroksidasi pada minggu ke-5 dan homogenitas warna yang tidak merata. Pada uji pH sediaan lip balm ekstrak bunga rosella ungu (Hibiscus sabdariffa L.) sudah memenuhi syarat sediaan lip balm yang baik. Formulasi yang paling bagus dan disukai pada uji hedonik adalah formulasi 3.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...