Transaksi jual beli melalui e-commerce dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan transaksi pada toko konvensional, karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sistem COD merupakan sistem pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dikirimkan oleh penjual melalui kurir kemudian diterima oleh pembeli. Sentimen Analisis merupakan riset komputasional yang berdasar pada opini, pandangan, emosi dan sentimen yang diekspresikan dalam bentuk teks. Peneliti melakukan analisis sentimen pembayaran dengan sistem COD pada media sosial twitter, data yang digunakan berupa kicauan teks menggunakan Bahasa Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pembayaran COD dalam berbelanja secara online. Tahapan pembobotan menggunakan TF-IDF dan untuk mengetahui sentimen terhadap data-data kicauan tersebut positif atau negatif dalam penelitian ini menggunakan klasifikasi dengan algoritma Naive Bayes. Pengklasifikasian dengan menggunakan Naive Bayes menunjukkan akurasi keseluruhan sebesar 51%, dengan Precision (negatif) = 0.60, Precision (Positif) = 0.61, Recall (negatif) = 0.16, Recall (Positif) = 1.00 dan F1-score Negatif: 0.25, Positif: 0.75. Sehingga dapat disimpulkan bedasarkan hasil tersebut bahwa Analisis Sentimen Cash On Delivery dengan Metode Naive Bayes ini menghasilkan data yang positif walaupun terdapat juga ulasan yang negatif terhadap sistem pembayaran ini.
Copyrights © 2025