Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Budaya K-Pop sebagai Media untuk Membentuk Kepercayaan Diri Siswa: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan

Aulia, Dinda (Unknown)
S, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Budaya K-Pop merupakan bagian penting dari fenomena global Hallyu (gelombang Korea), yang mencerminkan penyebaran budaya populer Korea Selatan ke seluruh dunia. K-Pop tidak hanya sekadar musik, tetapi juga mencakup fashion, tarian, visual, dan gaya hidup yang dikemas dengan pendekatan modern dan global. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana budaya K-Pop dapat berperan sebagai media dalam membentuk kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis secara mendalam untuk memahami peran budaya K-Pop dalam membentuk kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idola K-Pop tidak hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga menjadi inspirasi dalam meningkatkan kepercayaan diri, membentuk identitas, dan mengekspresikan diri. Budaya K-Pop memberikan pengaruh signifikan terhadap gaya berbicara, cara bersosialisasi, serta mendorong keterlibatan siswa dalam komunitas fanbase yang memperluas jaringan pertemanan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...