Penelitian ini berfokus pada redesain antarmuka pengguna untuk mobile website formulir Sistem Informasi Alumni dan Tracer Study (SINATRA) Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan kegunaan pada antarmuka pengguna saat alumni mengisi formulir tracer study melalui perangkat mobile dan merancang solusi desain berbasis prinsip 10 Usability Heuristics dari Jakob Nielsen. Penelitian ini diawali dengan wawancara dengan alumni, dilakukan evaluasi dengan User Experience Questionnaire (UEQ) pada desain awal, dilanjutkan dengan evaluasi heuristik terhadap desain antarmuka SINATRA yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dan evaluasi heuristik, desain antarmuka diperbaiki dengan menggunakan Figma untuk membuat wireframe dan hi-fi desain baru. Hasil desain baru dievaluasi menggunakan UEQ menunjukkan bahwa desain baru memiliki nilai Attractiveness 1,111, Perspicuity 1,500, Efficiency 1,417, Dependability 1,375, Stimulation 1,542 dan Novelty 1,167. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam pengisian formulir tracer study dan meningkatkan partisipasi alumni dalam proses tracer study di Universitas Brawijaya.
Copyrights © 2025