Pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data akademik. Namun, di SMP Negeri 1 Nguling, pengelolaan data akademik siswa masih dilakukan secara manual menggunakan file Excel yang terpisah, sehingga proses pemantauan dan evaluasi capaian belajar siswa kurang efektif, terfragmentasi, dan memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah dashboard interaktif sebagai implementasi konsep Business Intelligence (BI) yang dapat mengintegrasikan berbagai sumber data akademik menjadi informasi yang terstruktur, ringkas, dan mudah dianalisis. Pengembangan dilakukan dengan pendekatan Kimball Dimensional Lifecycle menggunakan Talend Open Studio, DBMS MySQL, dan visualisasi melalui Google Looker Studio. Dashboard yang dibangun dievaluasi menggunakan Dashboard Assessment Usability Model (DATUS) melalui teknik perekaman berdasarkan skenario tugas dan penyebaran kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan tingkat penyelesaian tugas sebesar 96,67% dengan rata-rata waktu 23,93 detik per tugas, sedangkan hasil kuesioner menunjukkan skor rata-rata di atas 4,50 pada semua dimensi DATUS. Temuan ini membuktikan bahwa dashboard memiliki kegunaan tinggi dan mampu mendukung pengambilan keputusan akademik secara lebih objektif, efisien, dan berbasis data.
Copyrights © 2025