Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran teams games tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-experimental one-group pre-test post-test yang melibatkan 30 siswa kelas X PPLG di SMK Negeri 12 Malang. Instrumen penelitian berupa angket berskala likert 1-5 untuk mengukur kecerdasan emosional dan kemampuan kolaborasi, serta soal pilihan ganda dan isian singkat untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji korelasi spearman, dan regresi robust. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki hubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar (rs = 0,547, p = 0,002 < 0,05), sedangkan kemampuan kolaborasi menunjukkan hubungan positif namun lemah (rs = 0,378, p = 0,040 < 0,05). Uji regresi robust mengkonfirmasi bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (β1 = 0,226, p = 0,003 < 0,05), sementara kemampuan kolaborasi tidak berpengaruh signifikan (β2 = 0,133, p = 0,119 > 0,05). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan kecerdasan emosional sebagai faktor dominan dalam pembelajaran TGT.
Copyrights © 2025